Kompresor



Kompresor adalah suatu alat mekanis dan bertugas untuk mengisap uap refrigeran
dari evaporator. Kemudian menekannya (mengkompres) dan dengan demikian suhu
dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi. Tugas kompresor adalah
mempertahankan perbedaan tekanan dalam sistem. Kompresor atau pompa hisap
tekan berfungsi mengalirkan refrigeran ke seluruh sistem pendingin. Sistem kerjanya
adalah dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi ke
sisi berekanan lebih rendah. Semakin tinggi temperatur yang dipompakan semakin
besar tenaga yang dikeluarkan oleh kompresor.

Komponen-komponen penting yang terdapat pada kompresor adalah:
a. Katup Isap
Katup ini memasukkan gas refrigeran ke dalam silinder atau ruang torak. Daya
isap dan kemampuan kompresor bergantung dari kecepatan gerak dan
kecapatan udara dari semua bagian yang berhubungan dengan katup ini. Katup
ini biasanya terbuat dari baja khusus (compressor valve steel).
b. Katup Buang
Katup buang bertugas untuk membuang gas-gas keluar dari silinder atau
ruang-ruang torak. Katup-katup buang ini biasanya terbuat dari bahanbahan
yang sama dengan katup-katup isap
c. Katup Servis
Katup ini berguan untuk menguji kompresor dan memperbaiki sistem
pendingin
d. Bak Penampungan (Reservoir)
Penampung minyak diperlukan untuk pelumasan semua bagina-bagian.
Biasanya bak engkol (crank case) digunakan sebagai bak pemapung minyak,
kecuali pada kompresor-kompresor yang besar yang mempunyai sistem
pelumasan khusus.


Berikut ini diberikan gambar bermacam-macam kompresor beserta keterangan
penjelasannya:
a. Kompresor bolak-balik
Kompresor bolak-balik (lihat gambar 4) merupakan jenis yang banyak
dipakai. Kompresor ini dapat bersilinder tunggal atau ganda. Dinamakan
kompresor bolak-balik, karena gerak toraknya yang maju mundur dalam
silindernya. Panjang gerakan dari torak disebut langkah (stoke) atau panjang
langkah. Panjang langkah ini biasanya sama dengan diamter silinder.
Kapasitas kompresor tergantung dari faktor-faktor: jumlah silinder, panjang
langkah, jumlah putaran permenit dan lain-lain. Gerak dari torak yang bolakbalik
ini didapat dari poros engkol yang menerima gerakan dari motor listrik.



kompresor bolak balik
Gambar 6. Kompresor bolak - balik


Untuk cara kerjanya, perjalanan refrigeran dari dan masuk ke kompresor
diatur oleh katup pembuang (discharge) dan klep pengisap (suction).
Refrigeran keluar melalui katup pebuang dan masuk melalui katup penghisap.
Apabila torak bergerak menjauhi katup, maka langkah ini disebut suctionstroke
dan tekanan akan berkurang. Oleh karena tekanan didalam kompresor
lebih rendah dari tekanan saluran isap, maka uap refrigeran masuk kedalam
kompresor. Jika torak bergerak mendekati katup, tekanan didalam
kompresornya naik sehingga katup penghisap tertutup. Sedangkan klep buang
terbuka menyebabkan uap refrigeran mengalir kesaluran tekan (discharge line)
luar. Demikian seterusnya.

b. Kompresor Rotary
Kompresor ini mempunyai tugas yang sama dengan kompresor bolakbalik,
yaitu menekan gas guna menimbulkan perbedaan tekanan pada sistem dan
menabah pengaliran refrigeran dari satu bagian ke bagian lain. Proses
pemadatan gas atau uap refrigeran dilakukan oleh peluru (roller). Lihat
gambar 5. Pada gambar tersebut bola putar berputar eksentrik pada sumbu di
dalam suatu ruang yang sejajar dengan sumbu. Ruang ini disebut pompa.




Related Posts:

0 Response to "Kompresor"

Posting Komentar